Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Niat Membayar Dan Menerima Zakat Fitrah Lengkap Beserta Artinya, Untuk Diri Sendiri Ataupun Amil Zakat

Zakat fitrah adalah salah satu kewajiban umat Muslim pada bulan Ramadan. Zakat fitrah merupakan zakat yang dikeluarkan sebagai bentuk penyeragaman harkat dan martabat antara sesama umat Muslim, sehingga setiap orang dapat merasakan kesenangan di hari raya Idul Fitri.

Zakat Fitrah

Zakat fitrah memiliki keutamaan yang sangat besar, di antaranya adalah membersihkan jiwa dari sifat kikir dan pelit, serta menjadi amal shaleh yang dapat mendekatkan diri pada Allah SWT. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap umat Muslim untuk menunaikan kewajiban zakat fitrah dengan benar dan tepat waktu.

Syarat Zakat Fitrah

Untuk menunaikan zakat fitrah, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, di antaranya:

Syarat zakat fitrah yang wajib dikeluarkan

Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim yang merdeka, beragama Islam, mampu, dan memiliki kecukupan untuk dirinya dan keluarganya pada hari raya Idul Fitri.

Siapa yang wajib mengeluarkan zakat fitrah

Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh setiap kepala keluarga, baik laki-laki maupun perempuan, atas nama dirinya dan atas nama anggota keluarganya yang menjadi tanggungannya, seperti istri, anak, atau orang tua yang berada dalam satu atap.

Besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan

Besaran zakat fitrah yang wajib dikeluarkan adalah sebesar satu sha' atau sekitar 2,5 kg dari bahan makanan pokok setiap orang yang dikeluarkan pada saat Idul Fitri. Bahan makanan pokok yang disarankan untuk zakat fitrah adalah beras, jagung, gandum, atau tepung terigu.

Waktu zakat fitrah

Waktu zakat fitrah sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap umat Muslim yang ingin menunaikan kewajiban zakat fitrah. Sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW, waktu zakat fitrah dapat dikeluarkan mulai dari tanggal 1 Ramadan hingga sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Menurut beberapa ulama, zakat fitrah dapat dikeluarkan sebelum shalat Idul Fitri dengan waktu yang cukup, sehingga penerima zakat fitrah dapat memanfaatkannya dengan baik pada hari raya. Namun, apabila zakat fitrah dikeluarkan setelah shalat Idul Fitri, maka sudah tidak termasuk zakat fitrah lagi, melainkan termasuk dalam sedekah biasa.

Oleh karena itu, sangat penting bagi umat Muslim untuk memperhatikan waktu zakat fitrah dengan baik dan menunaikannya sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri. Dengan begitu, kita dapat menunaikan kewajiban zakat fitrah dengan baik dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Doa Niat Zakat Fitrah 

Zakat fitrah merupakan ibadah wajib bagi seluruh pemeluk Islam, laki-laki maupun perempuan, besar maupun kecil, tua maupun muda, bahkan bayi yang lahir di akhir bulan Ramadhan sebelum matahari terbenam

Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri


ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

"Nawaytu an ukhrija zakaataal-fitri ‘an nafsi fardhol lillahi ta’ala"


Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.”


Zakat Fitrah untuk Istri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ


"Nawaytu an ukhrija zakaataal-fitri ‘an zaujati fardhol lillahi ta’ala"


Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah Taala.”


Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki – Laki


ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ


"Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi............ fardhol lillahi ta’ala"

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku ……..(sebutkan nama), fardhu  karena Allah Taala.”

Doa Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan


ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ


"Nawaytu an ukhrija zakaataal-fitri ‘an binti ...........fardhol lillahi ta’ala"

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku ……..(sebutkan nama), fardhu  karena Allah Taala.”


Doa Fitrah untuk Diri Sendiri dan Seluruh Keluarga


ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ


"Nawaytu an ukhrija zakaataal-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhol lillahi ta’ala"

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala.”


Doa untuk Orang yang Diwakilkan


ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ


"Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an (……) fardhan lillahi ta’ala"

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk……..(sebutkan nama spesifik), fardhu  karena Allah Taala.”


Doa Menerima Zakat 

Mustahik atau penerima manfaat disunnahkan untuk mendoakan orang yang memberi zakat dengan doa-doa baik. Doa seperti ini boleh diucapkan dalam bahasa apa pun, berikut salah satu contohnya,


ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ


"Aajaraka Allahu fiima a’thayta, wa baaraka fiima abqayta wa ja’alahu laka thahuran"

Artinya “Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Penutup

Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang harus dikeluarkan oleh setiap umat Muslim pada bulan Ramadan, sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang diberikan. Dalam menunaikan zakat fitrah, terdapat beberapa syarat dan tata cara yang harus diperhatikan, seperti syarat zakat fitrah yang wajib dikeluarkan, siapa yang wajib mengeluarkan zakat fitrah, besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan, waktu zakat fitrah, bahan makanan yang dijadikan zakat fitrah, cara mengeluarkan zakat fitrah, dan penerima zakat fitrah.

Dengan memperhatikan semua syarat dan tata cara tersebut, zakat fitrah yang dikeluarkan akan menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT. Selain itu, zakat fitrah juga memiliki manfaat bagi orang yang menerimanya, seperti memberikan bantuan kepada fakir miskin atau orang yang membutuhkan di sekitar kita.

Sebagai umat Muslim, kita perlu menjadikan zakat fitrah sebagai bagian dari ibadah yang harus ditingkatkan setiap tahunnya. Dengan menunaikan zakat fitrah dengan benar dan ikhlas, kita dapat mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT dan membantu meringankan beban orang yang membutuhkan di sekitar kita.

Info Security System
Info Security System Kami adalah Team Technical Support di bidang security system, yang akan kami tuangkan di blog kami seputar Penggunaan CCTV, Network, Mesin Absensi, Acces Control, Teknologi, dan artikel yang lainnya yang bermanfaat. Ikuti kami agar kami bisa berkembang dan bisa berbagi kepada anda semua, terima kasih..