Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Setting Fingerprint Zk-teco X6

Cara setting Mesin Zk-teco X6 - Mesin Akses Kontrol Kartu ID ZKTeco X6, salah satu mesin sidik jari inovatif untuk aplikasi akses kontrol. Menawarkan performa yang tak tertandingi menggunakan algoritma yang canggih untuk kehandalan, akurasi dan kecepatan pencocokan yang sangat bagus. Bisa beroperasi dalam mode stand alone dengan interface untuk pihak ketiga seperti kunci electric, alarm, door sensor, exit button dan doorbell. Penggunaan keypad yang mudah dan nyaman, seperti daftar user, hapus user dan atur parameter akses.

Setting Acces control Zkteco X6


Spesifikasi ZKteco x6

Fungsi

• Pengaturan alat dengan password Admin

• Standar dengan ID card reader, opsional Mifare card reader

• Kapasitas password 8

• Support kabel ke-Bell

• Desain ringkas dan ringan

Spesifikasi

Kapasitas Sidik Jari 500 Templates

Kapasitas Kartu 500

Sensor ZK Optical Sensor

Access Control Interface 3rd Party Electric Lock, Door Sensor, Exit Button, Alarm, Doorbell

Ukuran 88*88*33.6 mm

Suhu Kerja 0 °C~45 °C


Wiring Diagram ZKteco X6

Sebelum melakukan setting terlebih dahulu, silahkan install perkabelan dan kelistrikan yang akan digunakan di alat Zkteco x6, untuk referensi pemasangan dan instalasi lihat gambar dibawah ini.



wiring diagram Zkteco X6


Cara setting penggunaan Zkteco x6


Setelah anda instalasi dan memasang unit dengan benar langkah selanjutnya yakni setting alat supaya bisa digunakan untuk user anda.


1. Cara daftar admin


[*] + [#] tekan 1234#(tab 3x kali finger/sidik jari kalian sampai bunyi beeb panjang) tekan [*]

2. Cara ganti admin

[*] + [#] tab/letakkan jari finger admin[#] tekan [8] (beep panjang) tab finger admin baru 3x tekan [*]

Cara mendaftarkan user baru Zkteco x6


1. Daftar user dengan fingerprint

[*] + [#] tab finger admin[#] 00001(user code 5 digit)[#] tab finger user baru 3x (tekan [#] untuk melanjutkan daftar user dan tekan [*] setelah selesai mendaftarkan)

2. Daftar user dengan kartu
[*] + [#] tab finger admin[#] 00001(usercode 5 digit)[#] tempelkan kartu pada mesin (tekan [#] untuk melanjutkan daftar user dan tekan [*] setelah selesai mendaftarkan)
Daftar user dengan PIN (Pin maximal 4 digit angka dan 8 user)
[*] + [#] tab finger admin kemudian tekan [3] - (masukkan id user [1 sampai 8] ) - PIN (4 digit angka) [#] masukkan PIN kembali [#][*]

Cara menghapus user Zkteco x6

1. Menghapus satu user

[*] + [#] tab finger admin kemudian langsung tekan [2] - masukkan usercode yang mau dihapus, contoh : 00001) [#] (cara ini untuk menghapus finger dan kartu tidak berlaku untuk menghapus PIN)
Menghapus langsung semua user
[*] + [#] tab finger admin kemudian tekan [9] [#] [*] ( Sama seperti sebelumnya cara ini tidak berlaku untuk menghapus PIN)

Cara merubah mode akses

  • [*] + [#] tab finger admin kemudian tekan [5] - (pilih mode akses 1 sampai 6 yang bisa kalian lihat dibawah ini) [#] [*]
Mode akses
  1. Hanya PIN
  2. Hanya Kartu
  3. Hanya Fingerprint
  4. Bisa PIN/Kartu/Fingerprint
  5. Kartu kemudian PIN
  6. Fingerprint kemudian PIN
 Note : Mode akses digunakan untuk memilih akses yang dibutuhkan untuk membuka pintu, misalkan kalian memilih mode 5, jadi ketika kalian akan membuka pintu kalian harus menempelkan kartu terlebih dahulu kemudian memasukkan PIN dan pintu baru akan terbuka


Cara Reset mesin Zkteco x6


Perlu diketahui bahwa pada sistem aceess control ZK-Teco x6 ini hanya bisa menggunakan 1 admin saja. apabila admin yang lama keluar dan sudah tidak menetap dikantor tersebut maka hal yang perlu anda lakukan yakni mereset mesin zkteco x6, Dan untuk mereset pengaturan pabrik kalian bisa menekan tombol reset yang ada pada bagian belakang mesin tersebut sebanyak 3x sampai keluar bunyi beep panjang yang tandanya mesin berhasil direset ke pengaturan pabrik. lebih detailnya silahkan simak penjelasan kami berikut ini.

  • langkah pertama matikan power supply akses control zkteco x6, dan kemudian bongkar penutup belakang dari perangkat tersebut.
  • Setelah terbuka kalian akan melihat tombol reset pada bagian main board mesin akses control tersebut seperti gambar dibawah ini.

Cara reset Mesin Zkteco x6


  • Kemudian jangan pencet dulu tombol reset terebut, nyalakan kembali power supply dari akses control tersbut kemudian tunggu sampai bunyi beep 2x. 

 Note : Beep pertama bunyinya panjang dan tunggu selang beberapa detik hingga bunyi lagi beep pendek untuk ke 2 kalinya

  • Setelah bunyi beep pendek kedua, tekan tombol reset sebanyak 3x pelan-pelan. Pastikan setiap satu kali menekan tombol reset terdengar bunyi beep pendek. Dan untuk tekan yang ke 3 kalinya akan bunyi beep panjang yang tandanya mesin akses kontrol zkteco sudah berhasil tereset.
  • Selesai perangkat sudah berhasi di reset


Perlu diketahui proses mereset di atas bukan hanya mereset admin saja yang terhapus, melainkan semua user yang sudah pernah didaftarkan juga ikut terhapus. Dan tentu saja kalian harus memulai dari awal untuk mendaftarkan admin serta usernya. Maka dari itu pastikan difikirkan lagi ketika mau mereset mesin akses kontro zkteco x6 tersebut.

Demikian Artikel Kami yang membahas tentang spesifikasi dan cara setting mesin fingerprint ZKteco x6, mudah-mudahan membatu dalam pemasangan Acces control, terima kasih, minta tolong di share apabila artikel kami bermanfaat.

Info Security System
Info Security System Kami adalah Team Technical Support di bidang security system, yang akan kami tuangkan di blog kami seputar Penggunaan CCTV, Network, Mesin Absensi, Acces Control, Teknologi, dan artikel yang lainnya yang bermanfaat. Ikuti kami agar kami bisa berkembang dan bisa berbagi kepada anda semua, terima kasih..