Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Setting Fingerprint SPC Smart Series Dengan Mudah

 Langkah-Langkah Setting Fingerprint SPC Smart Series sangat mudah untuk dilakukan, Pada postingan sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang mengenal produk fingerprint spc. Tetapi postingan kali ini kami akan membahas tentang cara setting jam kerja karyawan tetapi dengan type fingerprint SPC Smart Series. untuk type Fingerprint yang akan kami bahas ini Cara dan settingnya langsung di mesin absensinya.

Setting Fingerprint SPC Smart Series


Kelebihan Fingerprint SPC Smart Series SPC 8000

Fingerprint SPC 8000 Smart series memiliki kapasitas 3000 user dengan kapasitas record 100.000 data absensi. Fingerprint ini metode absensi nya menggunakan PIN, kartu dan sidik jari. Bisa di bilang mesin absensi yang paling simple diantara lainnya.

Kekurangan Fingerprint SPC Smart Series SPC 8000

kekurangan dari mesin ini yaitu setiap sidik jari yang terdaftar hanya bisa diterapkan satu shift saja berbeda dengan type lain yang bisa beberapa shift. Saya pribadi sudah pernah mencoba satu sidik jari saya kasih shift yang berbeda yaitu shift 1 dan shift 2. Kemudian saya mencoba menarik data record absensinya dan ternyata di data hasil recordnya hanya satu shift saja yang ke record jam kerjanya. dan kekurangannya lagi yakni mesin ini tidak bisa konek ke jaringan LAN, jadi untuk menarik data menggunakan flashdisk baru bisa diprint laporan data absensi.

Langsung saja untuk langkah-langkah setting mesin absensi ini akan kami jelaskan sebagai berikut.

Cara mengatur jam kerja karyawan 

  • Masuk menu tekan tombol "Menu" pada keypad mesin absensi
  • Pilih menu "Shift" dan pilih "Ubah Shift"
  • Setelah masuk ubah shift pilih shift yang akan dirubah jam kerjanya. Misalkan kalian akan mengganti jam kerja shift 1, Caranya tekan "OK" pada shift satu kemudian pilih hari kerja yang akan dirubah.
  • Kemudian ubah jam kerja untuk "Sesi 1" menjadi jam masuk kerja dan jam pulang kerja, sebagai contoh 07:00 - 16:00. Cara merubahnya arahkan menggunakan tombol "OK" ke settingan jam Kemudian rubah dengan menekan keypad dan sesuaikan jam kerjanya.
  • Kalau sudah dirubah semua pada "Sesi 2" dan "Sesi 3" ubah jam nya menjadi 00:00 semua. Perlu diketahui "Sesi 3" digunakan apabila ada lembur di sistem kerjanya, kalau tidak ada lembur dibikin 00:00 saja.
  • Setelah selesai tekan tombol "ESC" keypad untuk kembali memilih hari kerja, Kemudian ubah semua jam kerja setiap hari kerja yang berlaku.

Note : Setiap hari kerja yang berlaku, jam kerjanya harus disamakan semua seperti hari senin yang disetting awal tadi

Setelah selesai merubah jam kerja setiap harinya tekan back kemudian tekan "OK" untuk menyimpan shift pertama. Apabila ada 2 shift silahkan ubah seperti cara merubah shift 1 tadi.

Cara Mendaftarkan Karyawan

setelah melakukan Langkah pertama untuk mengatur jam kerja di mesin absensi selanjutnya bagaimana cara mendaftarkan nama di mesin absensi

  1. masuk menu terlebih dahulu dan pilih menu "Atur User"
  2. tampilan menu atur user pilih "Tambah User" kemudian tekan "OK"
  3. urutan paling atas yaitu nama user, tekan ok pada nama user dan ketikkan nama karyawan yang akan didaftarkan.
  4. Ketikkan nama untuk di daftarkan di mesin absensi, mengetikan nama mungkin berbeda dengan mengetik pesan di hp, caranya yaitu pilih huruf pertama nama karyawan yang didaftarkan. saya ambil contoh nama saya sendiri fajar. Huruf pertama "F", kemudian cari huruf "F" pada keypad dan ternyata letaknya di angka 3, tekan angka 3 kemudian tekan ok. Nah langkah selanjutnya setelah menekan ok pada keypad angka 3 akan muncul beberapa huruf yang atasnya ada angkanya "DdEeFf" dan masing-masing huruf angkanya 123456. Kemudian untuk memilih huruf "F" besar tekan tombol angka 5 pada keypad dan huruf "F" akan muncul di papan ketik display. Setelah itu tekan huruf selanjutnya yaitu huruf "A". Caranya sama tekan angka 2 pada keypad kemudian akan muncul huruf-huruf dan diatasnya ada angkanya dan pilih sesuai hurufnya.
  5. Setelah memasukan nama user tekan "ESC" satu kali
  6. Kemudian tekan tombol arah kebawah pada keypad untuk mendaftarkan sidik jari. Kemudian untuk mendaftarkan pin tekan tombol kebawah lagi pada keypad dan cari "PIN"
  7. tekan lagi kebawah untuk menetapkan shift nya. biasanya defaultnya "Shift 1". nah disinilah kekurangannya jadi setiap sidik jari yang terdaftar hanya bisa memilih 1 shift saja.
  8. Seteleh selesai mendaftarkan 1 user tekan lagi "ESC" dan tekan "OK" untuk menyimpan kemudian daftar kan karyawan yang ke 2.

Cara Menarik Data Absensi

Untuk menarik data Absensi di mesin fingerprint smart series silahkan anda siapkan flashdisk terlebih dahulu.

  1. tancapkan flashdisk pada sisi samping mesin absensi
  2. masuk menu dan cari menu "Laporan"
  3. Setelah masuk menu laporan disitu akan ada 2 jenis laporan yang akan ditarik yaitu laporan clock/jam. laporan detail dan laporan bulan. Ketiga laporan ini bisa ditarik semua datanya tinggal selera anda mana yang mudah untuk dibaca hasil record data absensinya. Hasil recordnya sendiri berupa file excel.
  4. Kemudian setelah memilih jenis laporan tekan ok dan tentukkan tanggal/bulan/tahun yang akan di tarik data absensinya. kemudian klik "ESC" dan tekan "OK" tunggu sampai proses selesai.
  5. Setelah selesai cabut flashdisk dan tancapkan ke komputer.

Note : Setiap 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali harus menghapus data absensi yang tersimpan di mesin absensinya dengan catatan absensi sebelumnya sudah dipastikan data record absensinya sudah dipindahkan ke komputer semua. Hal ini dilakukan agar data absensi dibulan selanjutnya tetap bisa tersimpan, karena mesin absensi mempunyai batas kapasitas penyimpanan dan hal ini berlaku untuk semua type mesin absensi spc.

Demikian Langkah-langkah setting fingerprint SPC Smart Series, kami harap anda bisa mengerti penjelasan singkat tentang setting mesin absensi ini perlu di ingat setiap selesai mendaftarkan karyawan atau membuat shift alangkah baiknya data karyawan dan shift harus di backup di flashdisk. Untuk cara backupnya sendiri sangat mudah, di masing-masing menu user dan shift sudah ada menu "Download User" dan "Download Shift". Cukup sampai disini saja postingan kali ini, bagi yang kurang jelas bisa tinggalkan komentar dibawah ini. Sekian dan terimakasih.

Info Security System
Info Security System Kami adalah Team Technical Support di bidang security system, yang akan kami tuangkan di blog kami seputar Penggunaan CCTV, Network, Mesin Absensi, Acces Control, Teknologi, dan artikel yang lainnya yang bermanfaat. Ikuti kami agar kami bisa berkembang dan bisa berbagi kepada anda semua, terima kasih..